MAKALAH
PENGANTAR PENDIDIKAN
GURU SEBAGAI
PENDIDIK DAN SEGI-SEGI
PENDIDIKAN
Dosen:
Prof. Dr. Juhri
AM, M. Pd
KELOMPOK 13
ANGGOTA:
1.
BAYU AGUNG WICAKSONO (15310005)
2.
PRASETYA BIMA (15310016)
3.
WAHYU TRI SUTRISNO (15310021)
PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA
UNIVERSITAS MUHAMADIAH METRO
TP
2015
KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas
segala limpahan rahmat, inayah, taufik dan hinayah sehingga kami dapat
menyelesaikan penyusunan makalah ini. Semoga makalah ini membantu menambah pengetahuan
dan pengalaman bagi pembaca. Makalah ini saya akui masih banyak kekurangan
karena pengalaman yang kami miliki sangat kurang. Oleh karena itu kami harapkan
kepada para pembaca untuk memberikan masukan-masukan yang bersifat mebangun
untuk kesempurnaan makalah ini.
Metro
Penyusun
DAFTAR ISI
LEMBAR JUDUL ……………………………………………………………… i
KATA PENGANTAR ……………………………………………………………… ii
DAFTAR ISI ……………………………………………………………………… iii
BAB I:
PENDAHULUAN ……………………………………………………… 1
1.1 Latar
Belakang ……………………………………………………………… 1
1.2 Tujuan
Penulisan Makalah ……………………………………………… 1
1.3 Sistematik
Makalah ……………………………………………………… 2
BAB II:
PEMBAHASAN ……………………………………………………… 3
2.1 Konep
Dasar ……………………………………………………………… 3
2.2 Syarat-Syarat
Menjadi Guru Yang Baik ………………………………
3
2.3 Sikap
Dan Sifat Guru Yang Baik ……………………………………… 4
2.4 Mengajar
Dan Mendidik ……………………………………………… 5
2.5 Segi-Segi
Pendidikan ……………………………………………………… 6
BAB III:
TANGGAPAN ……………………………………………………… 7
BAB IV: SIMPULAN
……………………………………………………………… 8
DAFTAR RUJUKAN ……………………………………………………………… 9
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG
Pendidikan adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui
kegiatan bimbingan, pengajaran dan latihan bagi peranannya di masa yang akan
mendatang (UU SPN No 20 tahun 2003). Dengan tidak bermaksud mengecilkan komponen
yang lainnya, komponen tenaga kependidikan atau guru merupakan salah satu faktor
yang sangat penting dalam menentukan kualitas peserta didiknya.
Guru merupakan salah satu unsur di bidang kependidikan yang harus
berperan secara aktif dan menempatkannya sebagai tenaga profisional sesui
dengan tuntutan masyarakat yang semakin berkembang. Guru berada pada titik
sentral dari setiap usaha reformasi pendidikan yang diarahkan pada
perubahan-perubahan kualitas. Oleh karena itu maka kualitas dan kuantitas perlu
ditingkatkan dan dikembangkan sesuai dengan kebutuhan sekarang dan yang akan
mendatang.
1.2 TUJUAN PENULISAN MAKLAH
Berdasarkan latar belakang yang telah dikemukakan di atas penulis
berharap para pembaca dapat:
1.
Mengerti tentang konsep-konsep dasar menjadi
guru yang baik.
2.
Syarat-syarat menjadi guru yang baik.
3.
Sikap atau sifat guru yang baik.
4.
Faham bagaimana cara mengajar dan mendidik yang
baik.
1.3 SISTEMATIKA MAKALAH
LEMBAR JUDUL
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I: PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang
1.2 Tujuan
Penulisan Makalah
1.3 Sistematik
Makalah
BAB II: PEMBAHASAN
2.1 Konep
Dasar
2.2 Syarat-Syarat
Menjadi Guru Yang Baik
2.3 Sikap
Dan Sifat Guru Yang Baik
2.4 Mengajar
Dan Mendidik
2.5 Segi-Segi
Pendidikan
BAB III: TANGGAPAN
BAB IV: SIMPULAN
DAFTAR RUJUKAN
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 KONSEP DASAR
Di dalam garis-garis besar haluan Negara (GBHN) tahun 1978 di nyatakan
bahwa pendidikan berlangsung seumur hidup dan dilaksanakan di dalam lingkungan
rumah tangga, sekolah dan masyarakat. Jadi pendidikan adalah tanggung jawab
bersama.
Sementara itu, di dalam (GBHN) 1993 dinyatakan bahwa pendidikan nasional
dikembangkan secara terpadu dan serasi, baik antara berbagai jalur, jenis dan
jenjang pendidikan maupun antar sektor pendidikan denagan sektor pembangunan
lainnya serta antar daerah.
Mengingat pentingnya pendidikan, profesi guru menjadi sangat di butuhkan.
Guru tidak hanya mengajar namun juga harus mendidik. Mengajar adalah profesi
yang mempunyai nilai sosial yang tinggi dan tidak diragukan lagi. Guru yang
baik akan sangat berperan dalam mepengaruhi kehidupan yang lebih baik dari
warga Negara masa depan.
2.2 SYARAT-SYARAT MENJADI GURU YANG BAIK
Tugas guru tidak hanya mengajar tapi juga mendidik. Maka, untuk melakukan
tugas sebagai guru, tidak sembarang orang yang dapat menjalankannya.
Berdasarkan UU no. 12 tahun 1954 tentang dasar-dasar pendidikan dan
pengajaran di sekolah untuk suruh Indonesia. Pada pasal 15 dinyatakan
syarat-syarat untuk menjadi guru sebagai berikut.
1.
Berijazah
Ijazah
adalah surat bukti yang menunjukan bahwa sesorang telah mempunyai ilmu
pengetahuan dan kesanggupan-kesanggupan tertentu, yang di perlukan untuk suatu
jabatan atau pekerjaan.
2. Sehat
jasmani dan rohani
Sebagai guru, kesehatan merupakan syarat
yang tidak bias di abaikan. Karena bila
seseorang guru mempunyai kekurangan pasti
gurutersebut kurang bias memberikan
teladan terhadap anak didiknya.
3.
Taqwa kepada Tuhan YME dan berkelakuan baik
Dalam
GBHN 1983-1988 dinyatakan bahwa tujuan pendidikan adalah untuk meningkatkan ketaqwaan
terhadap Tuhan YME dalam UU no. 12 tahun 1954 pasal 3. Menyatakan tujuan
pendidikan ialah membentuk manusia yang susila.
4.
Bertanggung jawab
Seorang
guru haruslah bertanggung jawab terhadap tugasnya yaitu mengajar dan mendidik.
5.
Berjiwa nasional
Dalam
GBHN 1983-1988 dan UUD 1945 yang digariskan oleh MPR berbunyi:
Guru
harus berjiwa nasional merupakan syarat yang penting untuk mrndidik anak-anak,
sesuai tujuan prndidikan dan pengajaran.
2.3 SIKAP DAN SIFAT GURU YANG BAIK
Guru membawa peran penting dalam dunia pendidikan. Prof. Dr. S. Nasution
M.A. menyebutkan ada 3 sikap guru yaitu: Sikap otoriter (mengatur setiap
perbuatan anak didik), sikap permasif (membiarkan anak berkembang dalam
kebebasan) dan sikap riil (membebaskan tetapi juga tetap membebaskan).
Menurt M. Nyalim Purwanto sifat-sifat guru yang baik adalah: adil,
percaya dan suka terhadap peserta didiknya, sabar dan rela berkorban, memiliki
kewibawaan, penggembira, bersikap baik terhadap rekan kerja, bersikap baik
terhadap masyarakat, benar-benar menguasai mata pelajaran, suka pada mata
pelajaran yang di sampaikan dan berpengetahuan luas.
2.4 .MENGAJAR
DAN MENDIDIK
Mengajar adalah memberi pengetahuan atau melatih kecakapan atau
keterampilan terhadap anak didik. Sedangkan medidik adalah membentuk budi
pekerti dan watak anak didik.
Fungsi mengajar diantaranya sebagai berikut :
1.
Mempersipkan generasi muda untuk memgang
peran-peran terbentuk pada masa mendatang.
2.
Mentransfer pengetahuan, sesuai dengan peran
yang diharapkan.
3.
Mentrasfer nilai-nilai dalam rangka memelihara
kebutuhan dan kelangsungan hidup masyarakat dan peradaban.
Tujuan mengajar adalah agar peserta didik mengeti tentang apa yang sedang
di pelajari.
Faktor-faktor yang mempengaruhi dan menentukan perbuatan mendidik dan di
didik menurut Sutari Imam Baraadib adalah
1.
Adanya tujuan yang hendak di capai.
2.
Adanya subyek manusia
3.
Yang hidup bersama dalam lingkungan hidup
tertentu.
4.
Yang menggunakan alat-alat tertentu untuk mencapai tujuan.
2.5 SEGI-SEGI PENDIDIKAN
Macam-macam segi pendidikan adalah:
1.
Pendidikan jasmani : pendidikan kepribadian/
keseluruhan.
2.
Pendidikan kecakapan: mengembangkan daya fikir
(kecerdasan) dan menambah pengetahuan anak didik.
3.
Pendidikan agama: mendidik siswa supaya menjadi
oaring-orang yang bertakwa kepada Tuhan YME.
4.
Pendidikan kesusilaan: menjadikan orang yang
berkepribadian dan berwatak baik.
5.
Pendidikan keindahan: mendidik siswa supaya
biasa merasakan dan mencintai sesuatu yang indah dan selalu ingin berbuat dan
berlaku menurut warna-warna keindahan.
6.
Pendidikan kemasyarakatan: pendidikan yang mengajarkan
tentang hidup bermasyarakat.
BAB
III
TANGGAPAN
Pendidikan itu
sangatlah penting, karena pendidikan adalah salah satu faktor yang menentukan
masa depan sesorang bahkan suatu bangsa atau negara. Oleh karena itu prlu
adanya guru yang memenuhi syarat agar menjadi seorang pendidik yang baik,
berakhlak serta memiliki sikap dan sifat yang baik sehingga dapat menjadi
contoh bagi para sisiwa yang di didiknya sehingga menjadi orang-orang yang
sukses dan bermanfaat bagi bangsa dan negara.
BAB
IV
KESIMPULAN
Guru merupakan salah
satu unsur yang penting di bidang pendidikan. Tidak sembarangan orang dapat
menjalankan profesi ini, karena harus memenuhi syarat-syarat tertentu sebelum
menjadi seorang guru yang dapat mengajar dan mendidik para sisiwa dengan baik.
DAFTAR
RUJUKAN
http:// makalahproposal.blogspot.com/2014/05.html
http://kutipanbudjel.blogspot.co.id/p/pengantar-pendidikan-guru-sebagai.html
http://sugitewae.wordpress.com/2012/05/05/segi-segipendidikan/?_e_pi_=7%CPAGE_ID10%2C1586668162
Comments
Post a Comment