GURU SEBAGAI PENDIDIK DAN SEGI-SEGI PENDIDIKAN



MAKALAH PENGANTAR PENDIDIKAN
GURU SEBAGAI PENDIDIK DAN SEGI-SEGI
PENDIDIKAN
Dosen:
Prof. Dr. Juhri AM, M. Pd

KELOMPOK 13
ANGGOTA:
1.      BAYU AGUNG WICAKSONO (15310005)
2.      PRASETYA BIMA (15310016)
3.      WAHYU TRI SUTRISNO (15310021)

PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA
UNIVERSITAS MUHAMADIAH METRO
TP 2015


KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas segala limpahan rahmat, inayah, taufik dan hinayah sehingga kami dapat menyelesaikan penyusunan makalah ini. Semoga makalah ini membantu menambah pengetahuan dan pengalaman bagi pembaca. Makalah ini saya akui masih banyak kekurangan karena pengalaman yang kami miliki sangat kurang. Oleh karena itu kami harapkan kepada para pembaca untuk memberikan masukan-masukan yang bersifat mebangun untuk kesempurnaan makalah ini.

   Metro

Penyusun













DAFTAR ISI

LEMBAR JUDUL                        ………………………………………………………………  i
KATA PENGANTAR      ………………………………………………………………  ii
DAFTAR ISI         ………………………………………………………………………  iii
BAB I: PENDAHULUAN                       ………………………………………………………  1
1.1  Latar Belakang      ………………………………………………………………  1
1.2  Tujuan Penulisan Makalah            ………………………………………………  1
1.3  Sistematik Makalah           ………………………………………………………  2
BAB II: PEMBAHASAN             ………………………………………………………  3
2.1  Konep Dasar           ………………………………………………………………  3
2.2  Syarat-Syarat Menjadi Guru Yang Baik                ………………………………  3
2.3  Sikap Dan Sifat Guru Yang Baik               ………………………………………  4
2.4  Mengajar Dan Mendidik                ………………………………………………  5
2.5  Segi-Segi Pendidikan         ………………………………………………………  6
BAB III: TANGGAPAN              ………………………………………………………  7
BAB IV: SIMPULAN      ………………………………………………………………  8
DAFTAR RUJUKAN       ………………………………………………………………  9

BAB I
PENDAHULUAN

1.1  LATAR BELAKANG
Pendidikan adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran dan latihan bagi peranannya di masa yang akan mendatang (UU SPN No 20 tahun 2003). Dengan tidak bermaksud mengecilkan komponen yang lainnya, komponen tenaga kependidikan atau guru merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam menentukan kualitas peserta didiknya.
Guru merupakan salah satu unsur di bidang kependidikan yang harus berperan secara aktif dan menempatkannya sebagai tenaga profisional sesui dengan tuntutan masyarakat yang semakin berkembang. Guru berada pada titik sentral dari setiap usaha reformasi pendidikan yang diarahkan pada perubahan-perubahan kualitas. Oleh karena itu maka kualitas dan kuantitas perlu ditingkatkan dan dikembangkan sesuai dengan kebutuhan sekarang dan yang akan mendatang.

1.2 TUJUAN PENULISAN MAKLAH
Berdasarkan latar belakang yang telah dikemukakan di atas penulis berharap para pembaca dapat:
1.   Mengerti tentang konsep-konsep dasar menjadi guru yang baik.
2.   Syarat-syarat menjadi guru yang baik.
3.   Sikap atau sifat guru yang baik.
4.   Faham bagaimana cara mengajar dan mendidik yang baik.

1.3  SISTEMATIKA MAKALAH
LEMBAR JUDUL
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I: PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
1.2  Tujuan Penulisan Makalah
1.3  Sistematik Makalah
BAB II: PEMBAHASAN
2.1  Konep Dasar
2.2  Syarat-Syarat Menjadi Guru Yang Baik
2.3  Sikap Dan Sifat Guru Yang Baik
2.4  Mengajar Dan Mendidik
2.5  Segi-Segi Pendidikan
BAB III: TANGGAPAN
BAB IV: SIMPULAN
DAFTAR RUJUKAN
 
BAB II
PEMBAHASAN

2.1 KONSEP DASAR
Di dalam garis-garis besar haluan Negara (GBHN) tahun 1978 di nyatakan bahwa pendidikan berlangsung seumur hidup dan dilaksanakan di dalam lingkungan rumah tangga, sekolah dan masyarakat. Jadi pendidikan adalah tanggung jawab bersama.
Sementara itu, di dalam (GBHN) 1993 dinyatakan bahwa pendidikan nasional dikembangkan secara terpadu dan serasi, baik antara berbagai jalur, jenis dan jenjang pendidikan maupun antar sektor pendidikan denagan sektor pembangunan lainnya serta antar daerah.
Mengingat pentingnya pendidikan, profesi guru menjadi sangat di butuhkan. Guru tidak hanya mengajar namun juga harus mendidik. Mengajar adalah profesi yang mempunyai nilai sosial yang tinggi dan tidak diragukan lagi. Guru yang baik akan sangat berperan dalam mepengaruhi kehidupan yang lebih baik dari warga Negara masa depan.

2.2  SYARAT-SYARAT MENJADI GURU YANG BAIK
Tugas guru tidak hanya mengajar tapi juga mendidik. Maka, untuk melakukan tugas sebagai guru, tidak sembarang orang yang dapat menjalankannya.
Berdasarkan UU no. 12 tahun 1954 tentang dasar-dasar pendidikan dan pengajaran di sekolah untuk suruh Indonesia. Pada pasal 15 dinyatakan syarat-syarat untuk menjadi guru sebagai berikut.
1.      Berijazah
Ijazah adalah surat bukti yang menunjukan bahwa sesorang telah mempunyai ilmu pengetahuan dan kesanggupan-kesanggupan tertentu, yang di perlukan untuk suatu jabatan atau pekerjaan.
2.      Sehat jasmani dan rohani
      Sebagai guru, kesehatan merupakan syarat yang tidak bias di abaikan. Karena bila
      seseorang guru mempunyai kekurangan pasti gurutersebut kurang bias memberikan
      teladan terhadap anak didiknya.
3.      Taqwa kepada Tuhan YME dan berkelakuan baik
Dalam GBHN 1983-1988 dinyatakan bahwa tujuan pendidikan adalah untuk meningkatkan ketaqwaan terhadap Tuhan YME dalam UU no. 12 tahun 1954 pasal 3. Menyatakan tujuan pendidikan ialah membentuk manusia yang susila.
4.      Bertanggung jawab
Seorang guru haruslah bertanggung jawab terhadap tugasnya yaitu mengajar dan mendidik.
5.      Berjiwa nasional
Dalam GBHN 1983-1988 dan UUD 1945 yang digariskan oleh  MPR berbunyi:
Guru harus berjiwa nasional merupakan syarat yang penting untuk mrndidik anak-anak, sesuai tujuan prndidikan dan pengajaran.

2.3  SIKAP DAN SIFAT GURU YANG BAIK
Guru membawa peran penting dalam dunia pendidikan. Prof. Dr. S. Nasution M.A. menyebutkan ada 3 sikap guru yaitu: Sikap otoriter (mengatur setiap perbuatan anak didik), sikap permasif (membiarkan anak berkembang dalam kebebasan) dan sikap riil (membebaskan tetapi juga tetap membebaskan).
Menurt M. Nyalim Purwanto sifat-sifat guru yang baik adalah: adil, percaya dan suka terhadap peserta didiknya, sabar dan rela berkorban, memiliki kewibawaan, penggembira, bersikap baik terhadap rekan kerja, bersikap baik terhadap masyarakat, benar-benar menguasai mata pelajaran, suka pada mata pelajaran yang di sampaikan dan berpengetahuan luas.

2.4   .MENGAJAR DAN MENDIDIK
Mengajar adalah memberi pengetahuan atau melatih kecakapan atau keterampilan terhadap anak didik. Sedangkan medidik adalah membentuk budi pekerti dan watak anak didik.
Fungsi mengajar diantaranya sebagai berikut :
1.         Mempersipkan generasi muda untuk memgang peran-peran terbentuk pada masa mendatang.
2.         Mentransfer pengetahuan, sesuai dengan peran yang diharapkan.
3.         Mentrasfer nilai-nilai dalam rangka memelihara kebutuhan dan kelangsungan hidup masyarakat dan peradaban.
Tujuan mengajar adalah agar peserta didik mengeti tentang apa yang sedang di pelajari.
Faktor-faktor yang mempengaruhi dan menentukan perbuatan mendidik dan di didik menurut Sutari Imam Baraadib adalah
1.         Adanya tujuan yang hendak di capai.
2.         Adanya subyek manusia
3.         Yang hidup bersama dalam lingkungan hidup tertentu.
4.         Yang menggunakan alat-alat tertentu  untuk mencapai tujuan.

2.5  SEGI-SEGI PENDIDIKAN
Macam-macam segi pendidikan adalah:
1.            Pendidikan jasmani : pendidikan kepribadian/ keseluruhan.
2.            Pendidikan kecakapan: mengembangkan daya fikir (kecerdasan) dan menambah pengetahuan anak didik.
3.            Pendidikan agama: mendidik siswa supaya menjadi oaring-orang yang bertakwa kepada Tuhan YME.
4.            Pendidikan kesusilaan: menjadikan orang yang berkepribadian dan berwatak baik.
5.            Pendidikan keindahan: mendidik siswa supaya biasa merasakan dan mencintai sesuatu yang indah dan selalu ingin berbuat dan berlaku menurut warna-warna keindahan.
6.            Pendidikan kemasyarakatan: pendidikan yang mengajarkan tentang hidup bermasyarakat.


BAB III
TANGGAPAN

Pendidikan itu sangatlah penting, karena pendidikan adalah salah satu faktor yang menentukan masa depan sesorang bahkan suatu bangsa atau negara. Oleh karena itu prlu adanya guru yang memenuhi syarat agar menjadi seorang pendidik yang baik, berakhlak serta memiliki sikap dan sifat yang baik sehingga dapat menjadi contoh bagi para sisiwa yang di didiknya sehingga menjadi orang-orang yang sukses dan bermanfaat bagi bangsa dan negara.


BAB IV
KESIMPULAN

Guru merupakan salah satu unsur yang penting di bidang pendidikan. Tidak sembarangan orang dapat menjalankan profesi ini, karena harus memenuhi syarat-syarat tertentu sebelum menjadi seorang guru yang dapat mengajar dan mendidik para sisiwa dengan baik. 


DAFTAR RUJUKAN

http:// makalahproposal.blogspot.com/2014/05.html
http://kutipanbudjel.blogspot.co.id/p/pengantar-pendidikan-guru-sebagai.html
http://sugitewae.wordpress.com/2012/05/05/segi-segipendidikan/?_e_pi_=7%CPAGE_ID10%2C1586668162
 

 


Comments